Tiga Situs Ini Bantu Anak Belajar

Cemas melihat anak yang hobi berselancar di dunia maya? Arahkan mereka menggunakan search engine atau mesin pencari khusus anak.

Dengan begitu bisa mencegahnya ‘mampir’ di situs-situs yang tidak pantas mereka datangi. Situs-situs ini bisa Anda tambahkan pada ‘bookmark’.  Walaupun begitu, sebaiknya orangtua tetap mendampingi atau setidaknya mengawasi isi halaman website yang didatangi anak-anak.

1. Kids.yahoo

Website ini penuh warna cerah dan cocok untuk anak usia 6 hingga 12 tahun. Tampilannya tidak terlalu kekanakan, sehingga anak lebih besar tidak merasa masuk ke dunia balita.

Fiturnya mudah untuk digunakan dengan pembagian halaman berisi hal-hal diminati anak-anak seperti games, musik, film, horoskop dan sebagainya. Bagian yang dibanggakan editor website ini adalah studyzone yang memiliki hingga 10 ribu tautan ke website khusus riset yang aman bagi anak-anak.

Ketika anak mengetik kata kunci pencarian, hasilnya berupa penggunaan kata tersebut di halaman yang mereka miliki dahulu (film, games, etc). Filter yang dilakukan juga cukup baik.

Ketika anak mengetik kata Twitter misalnya, yang pertama kali keluar adalah penjelasan dari kamus. Bahkan jika anak mengetik kata seks di kolom ‘cari’, tidak ada hasil yang keluar. Namun, web ini tidak akan membosankan karena anak-anak masih menemui konten terbaru yang membantu mereka tetap ‘gaul’ seperti album terakhir Alicia Keys, games paling populer dan sebagainya.

2. Askkids

Website ini juga dibuat untuk anak usia 6 hingga 12 tahun, namun tidak banyak warna. Tampilan awalnya berupa garis-garis layaknya buku catatan. Selain kolom ‘cari’, ada 3 halaman lain yaitu film, games dan jawaban (‘answer’).

Pada bagian ‘answer’ terdapat katalog jawaban atas pertanyaan yang biasa muncul saat anak-anak mengerjakan tugas sekolah. Website ini lebih fokus pada pendidikan, tidak terlalu banyak hiburan seperti keluaran yahoo.

3. KidsclickWebsite ini dimiliki dan dikelola perpustakaan Kent State University di Amerika. Latar belakang tersebut sudah menjadi jaminan bahwa website ini dapat diandalkan sebagai alat pencari yang aman. Halaman depannya sangat menarik dan memudahkan pencarian.

Selain boks untuk mengetik kata kunci, juga ada kategori pencarian hingga pencarian berdasarkan alfabet. Sayangnya, hasil akhirnya kadang mengecewakan. Seperti pencarian dengan kata kunci ‘tiger’ dapat menghasilkan ‘tiger woods’ (pemain golf terkenal, bukan hewan). Laman ini lebih cocok untuk alat referensi karena kategori yang mereka  miliki selayaknya perpustakaan konvensional. Mama juga perlu ingat bahwa pada kategori Health and Family terdapat tautan ke homoseksualitas. (Source: Parenting.co.id)

Your email address will not be published.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.