Biar Tak Ketinggalan Zaman, Kenalan dengan Gig Economy Yuk!

Istilah gig economy belakangan ini tengah populer. Sebenarnya apa sih arti dari gig economy itu?

Salah satu arti dari gig economy adalah di mana tenaga kerja ditandai dengan prevalensi kontrak kerja jangka pendek atau pekerja lepas yang berlawanan dengan pekerja permanen.

Jika diambil dalam sudut pandang partisan, gig economy menawarkan lingkungan kerja yang fleksibel yang dalam hal ini adalah jam kerja. Ini seperti para pekerja pengemudi berbagai moda transportasi online yang memiliki jam kerja yang fleksibel dan juga tidak memiliki aturan khusus seperti layaknya orang yang bekerja di kantor.

Begitupun pada upah yang mereka dapatkan. Para pekerja gig economy cenderung dibayar setiap kali mereka melakukan pekerjaannya, sepertinya melakukan perjalanan. Para pendukung gig economy mengatakan bahwa orang dapat memperoleh manfaat dari jam kerja mereka yang lebih fleksibel, dengan kontrol atas berapa banyak waktu yang mereka dapatkan dari pekerjaan ketika menangani pekerjaan lainnya.

Meskipun begitu, karena pekerjaan yang terlalu fleksibel inilah, para pekerja gig economy tidak memiliki perlindungan apabila terjadi pemecatan tidak adil. Mereka tidak memiliki hak untuk pembayaran redundansi dan tidak memiliki hak untuk menerima upah minimum, cuti ataupun ketika sakit.

Salah satu perbedaan yang perlu dicatat adalah pekerja gig economy sedikit berbeda dari mereka yang bekerja dengan kontrak tanpa jam kerja. Sama halnya dengan pekerja gig economy, pekerja kontrak tanpa jam kerja dan atau pekerja kontrak biasa tidak mendapatkan jam kerja yang menjamin mereka atau jaminan pekerjaan dari atas mereka.

Tetapi pada pekerja kontrak, mereka dipandang sebagai karyawan suatu perusahaan dan mereka berhak atas cuti. Meskipun mereka tidak mendapatkan pula tunjangan pada saat sakit seperti pekerja gig economy. Jadi bagaimana ladies, tertarik menjadi pekerja gig economy?    

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.