Tips Sederhana Pencatatan Keuangan Untuk Bisnis

Sama hal nya dengan aktivitas lain, aktivitas bisnis juga perlu direncanakan dengan detail. Hal yang paling krusial adalah mengatur masalah keuangan. Mengatur keuangan dapat membantu bisnis berjalan dengan baik. Tujuannya tentu memaksimalkan operasional sehingga dikemudian hari, kita bisa melakukan ekspansi. Apa saja yang perlu kamu lakukan, untuk mengatur keuangan bisnismu dengan baik? Simak penjelasan berikut ya, Ladies.

  • Buatlah list pengeluaran bisnismu

Mulai dengan membuat catatan mengenai pengeluaran bisnismu. Pisahkan item apa saja yang merupakan pengeluaran tetap seperti belanja bahan pokok, pembayaran gaji karyawan, tagihan internet, listrik dan air, serta pengeluaran rutin tiap bulan. Catat juga pengeluaran tidak tetap dan biaya lain yang perlu dikeluarkan agar bisnismu tetap berjalan.

  • Catatlah semua transaksi serapi dan sedetail mungkin

Untuk dapat memantau pengeluaran bisnis, kamu harus membuat pencatatan keuangan yang rapi dan detail. Ini akan membantu kamu, mengoptimalkan anggaran belanja termasuk melakukan strategi penghematan jika suatu saat diperlukan. tidak hanya pengeluaran, segala pemasukkan dari aktivitas bisnis juga harus dicatat dengan rapi.

  • Simpan semua kuitansi, invoice, dan bukti pembayaran lainnya

Penting untuk menyimpan bukti pembayaran, agar kamu tetap dapat melakukan cross-check antara catatan keuangan dengan bukti pembayaran. Ini akan memudahkan kamu dalam proses audit pengeluaran bisnismu. kamu bisa menyimpan bukti pembayaran berdasarkan tanggal terbaru sehingga memudahkan kamu untuk mencarinya, ketika dibutuhkan.

  • Cek setiap hutang dan piutang

Jika bisnismu berhubungan dengan banyak supplier, pastikan kamu mencatat tenggat waktu pembayaran hutang. Hal ini akan membantumu mempersiapkan dana untuk melakukan pembayaran.

  • Lakukan pengecekkan catatan pengeluaran sebulan sekali

Periksalah catatan keuanganmu sebulan sekali, untuk melihat berapa besar pengeluaran dalam satu bulan. hal ini akan membantumu untuk mempersiapkan anggaran untuk bulan berikutnya.

Jika dilakukan dengan disiplin, pencatatan keuangan dapat membantu kamu untuk melihat berapa anggaran yang perlu disiapkan agar bisnismu dapat berjalan lancar. Dari catatan tersebut, kamu juga bisa melihat apakah bisnismu memang menghasilkan profit atau malah sebaliknya. Jika kamu kesulitan melakukan pencatatan, kamu bisa memanfaatkan aplikasi dan software akuntansi yang sudah banyak tersedia.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.