Strategy Content Marketing Untuk Bisnismu

Content marketing terasa begitu populer semenjak tingginya penggunaan sosial media di masyarakat. Content marketing kini dimanfaatkan oleh Brand-brand besar untuk menarik masa dan meningkatkan penjualan. Menggabungkan antara cerita dan produk yang dijual, menjadi salah satu strategi content marketing yang banyak digunakan saat ini. Dengan memanfaatkan story line yang biasanya bersinggungan dengan target marketnya. Contohnya sebuah brand celana jeans, yang membuat content yang menggambarkan orang – orang pekerja kantoran yang bercelana jeans. Atau brand sepatu yang ingin mewujudkan semangat anak – anak muda dengan membuat content yang berkaitan dengan olahraga.

Memiliki strategy yang baik dalam content marketing dapat membantu kamu untuk mendukung nilai – nilai yang ada dalam bisnismu, dan menjaga agar bisnismu tetap terlihat unik dan berbeda dari kompetitormu.

Dalam menyusun strategy content marketing ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, agar contentmu bisa sukses:

  • Lakukan research

Carilah informasi hal – hal apa saja yang menarik minat target bisnis kamu. Sebelum melakukan hal ini, kamu harus sudah memiliki gambaran mengenai target pelanggan yang ingin kamu tuju. Pelajari juga bagaimana competitor menungkan identitas brandnya dalam sebuah content.

  • Buatlah goals atau tujuan akhir yang ingin dicapai

Tujuan akhir adalah hal penting yang harus dipikirkan dalam menyusun strategi. Tidak terkecuali dalam content marketing. Tuliskan tujuanmu dengan jelas, misalnya ingin meningkatkan jumlah followers, meningkatkan engagement, atau meningkatkan level engagement conversion.

  • Buatlah content inventory

Setiap content yang dibuat dan dipublish haruslah disusun dengan rapi. Buatlah catatan mengenai content yang telah dipost, tuliskan juga bagaimana respond dari target audience (like, view, engagement). Hal ini bisa menjadi tambahan informasi bagi kamu, dalam membuat content selanjutnya.

  • Tentukan tema

Tentukan warna, format, gambar, caption, dan hal – hal lain yang berkaitan dengan contentmu. Rapihkan feed, atau halaman utama dari sosial media yang kamu gunakan.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.