Tuangkan Ide Bisnismu Kedalam Business Plan

Business plan dapat membantumu untuk memahami bagaimana bisnismu akan dijalankan. Dengan menulis sebuah business plan, kamu akan makin yakin dengan visi dari bisnismu. Selain itu business plan juga membantumu untuk dapat membuat strategi bisnis yang tepat. Bagi investor, business plan akan sangat penting untuk melihat apakah sebuah bisnis siap untuk dijalankan.

Saqina telah merangkum, langkah – langkah jitu yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin menulis sebuah business plan:

  • Tuliskan ide bisnismu dengan jelas

Deskripsikan bisnismu dengan jelas. Apa tujuan dari bisnismu, produk apa yang akan kamu jual, mengapa kamu menjual produk tersebut, siapa target pelangganmu. Tuliskan juga detail seperti dimana bisnismu akan beroperasi, berapa jumlah karyawan, dan hal – hal lain seperti motivasi dalam bekerja.

  • Tuliskan competitor bisnismu

Kamu juga perlu menuliskan gambaran bisnismu dalam lingkup ekonomi yang besar. Bagaimana posisi bisnismu dalam industry, siapa saja competitormu. Jangan lupa, tuliskan juga trend yang berkembang dalam bisnismu. Misalkan kamu adalah penjual pakaian wanita, kamu bisa menuliskan trend pakaian wanita yang paling diminati saat ini.

  • Tuliskan strategi marketing

Deskripsikan identitas brand yang ingin kamu bangun, content yang akan kamu gunakan. Jika kamu akan beriklan, jangan lupa tuliskan juga berapa rencana budget iklanmu, dan media apa saja yang akan kamu gunakan.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.