Aturan Main Gadget bagi Anak

Masing-masing orang tua punya aturan sendiri soal pemakaian gadget pada anak. Misalnya, ada orang tua yang menerapkan aturan no gadget di weekdays tapi anak bebas bermain gadget di akhir pekan.

Soal aturan hanya membolehkan anak main gadget di akhir pekan, psikolog anak dari Tiga Generasi Citra Annisa MPsi., Psikolog mengatakan harusnya akhir pekan memang menjadi quality time bersama keluarga. Ketika anak menghabiskan waktunya bermain gadget, otomatis bonding atau kelekatan antar anggota keluarga tidak terbentuk.

“Jadi ditarik ulur aja. Diatur. Kalau Sabtu sudah lama main gadget, Minggunya off. Apalagi sekarang gadget kan dominan ya, kita nggak bisa menghindar sama sekali,” kata Citra kepada detikHealth di sela-sela Konsulteatime di honey and Me, Jl Wijaya, Jakarta Selatan.

Durasi pemakaian gadget di akhir pekan juga perlu diturunkan perlahan. Nah, Citra mengatakan ada anak yang memang sulit konsenstrasi saat dia boleh bermain gadget di weekdays atau merasa tak masalah jika bermain gadget. Hal terpenting, kata Citra, orang tua mesti menyadari apa yang kurang, tidak terbentuk, atau terlatih ketika anak bermain gadget.

“Kalau yang kurang interaksi keluarga ya berarti siasati di Sabtu boleh main gadget tapi hari Minggu nggak. Kemudian ajak anak playdate atau bermain bersama untuk mengganti aktivitas bermain gadget itu. Tapi kalau di weekdays anak main gadget 1 jam untuk refreshing dia ya nggak apa-apa. Nanti setelah 1 jam, stop main, ada yang nemenin dia main,” kata Citra.

Saat melakukan playdate dengan anak, beri ia pilihan misalnya ia hendak bermain ke mana atau bermain apa. Citra menekankan, mengurangi durasi pemakaian gadget pada anak memang butuh ketelatenan, kesabaran, dan usaha keras dari orang tua.

“Tapi, dimulai dengan aturan no gadget di weekdays itu sudah bagus sekali. Sudah mengurangi durasi pemakaian gadget beberapa persen kan,” pungkasnya. (Source: Detik)

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.