Pahami Fitur Kontrol dalam YouTube Kids

Saat anak menonton video melalaui gadget Anda, biasanya aplikasi yang ia buka adalah YouTube. Sebagian anak bahkan sudah mahir mengoperasikan aplikasi tersebut. Sayangnya, tidak semua konten di YouTube sesuai dengan usia dan ramah anak.

Misalnya anak secara tidak sengaja menonton video yang menayangkan adegan kekerasan, memperlihatkan perkataan-perkataan kasar, atau bahkan video yang menjurus pornografi.

Nah, untuk mengatasi hal itu, Anda bisa coba memperkenalkan YouTube Kids kepada si kecil. Aplikasi dari Google tersebut menggunakan berbagai filter untuk menjaga video agar ramah anak. Berikut adalah beberapa fitur kontrol yang tersedia di YouTube Kids yang penting untuk Anda ketahui:

1. Profil Anak

Dengan menggunakan Youtube Kids, orang tua dapat membuat hingga delapan profil anak, masing-masing dengan preferensi tampilan mereka sendiri, rekomendasi video, dan pengaturan. YouTube Kids memungkinkan orang tua membuat profil terpisah untuk setiap anak.

Setiap profil memiliki kumpulan preferensi tampilan dan rekomendasi terpisah yang memungkinkan anak-anak Anda mendapat konten sesuai dengan usianya. Profil ini tersedia di perangkat mana pun Anda log in di aplikasi YouTube Kids.

2. Kontrol Pencarian

Anda dapat membatasi pengalaman anak ke kumpulan video yang lebih terbatas dengan mematikan penelusuran. Dengan Penelusuran nonaktif, maka anak tidak dapat mencari video, dan terbatas pada video dari serangkaian saluran yang telah diverifikasi oleh YouTube Kids.

3. Timer

Youtube Kids memiliki pengatur waktu bawaan. Timer ini memungkinkan orang tua membatasi waktu layar dengan memberi tahu anak-anak kapan waktunya berhenti menonton. Pengatur waktu akan menampilkan peringatan ramah dan menghentikan aplikasi saat sesi berakhir. Sehingga Anda tidak perlu melakukannya sendiri.

4. Pelaporan Video

Anda dapat melaporkan video yang seharusnya tidak ada di aplikasi dengan cara mengirimkan video tersebut ke tim YouTube Kids. Mereka akan melakukan tindakan pencegahan ekstensif untuk memastikan lingkungan yang ramah keluarga di aplikasi itu.

5. Pemblokiran

Apabila menemukan video atau saluran yang tidak ingin anak tonton, Anda dapat melakukan pemblokiran. Link yang sudah diblokir akan secara otomatis terhapus dari semua profil anak-anak. Anda juga bisa menyesuaikan konten yang ingin dilihat di YouTube Kids dengan masuk ke aplikasi dan memblokir video atau saluran yang tidak ingin anak tonton. (Source: Kumparan.com)

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.