close up of school kids playing with tablet pc

Simak Empat Tips Berinternet Aman untuk Anak

Perkembangan era digital dan akses internet yang semakin mudah membuat arus informasi mudah sekali diakses, khususnya untuk anak-anak. Sementara itu tidak semua konten informasi ramah untuk anak, masih banyak konten dewasa yang mengandung unsur kekerasan atau pornografi yang bisa diakses.

Berdasar fakta itulah, orang tua diimbau untuk aware pada pengetahuan teknologi khususnya bagaimana cara mengoperasikan internet yang ramah untuk anak dan bisa dipantau bersama-sama. Berikut sejumlah tips dari Fibriyani Elastria, Product Marketing Manager – YouTube Indonesia yang bisa Anda terapkan di rumah bersama keluarga Anda.

1. Jaga pencarian video anak Anda di YouTube dengan Restricted Mode 

Untuk pengalaman yang lebih terjaga saat menonton YouTube, orang tua mungkin ingin mengaktifkan Mode Terbatas (Restricted Mode). Ini adalah opt-in setting yang membantu untuk menyaring konten yang diklasifikasikan sebagai konten yang tidak pantas.

2. Report atau flag video yang menurut Anda tidak patut untuk ditonton oleh anak

Ketika Anda menemukan video yang tidak sesuai dan tidak pantas untuk ditonton oleh anak, Anda dapat memberikan flag atau report video tersebut kepada YouTube. “Kami memiliki anggota komunitas YouTube untuk melaporkan konten yang mereka temukan tidak pantas sehingga kami dapat mengambil tindakan,” ujar Fibriyani.

Cukup ketuk pilihan “More” di atas video Anda, lalu ketuk “Report” dan pilih alasan pengaduan. Anda juga dapat menandai (flag) semua channel atau sebuah playlist dengan cara yang sama.

3.  Ciptakan playlist video favorit di YouTube Channel Anda  

Siapapun dapat membuat daftar video kesukaan dan membagikannya. Seperti kumpulan video favorit anak Anda, daftar video musik yang sering didengar ketika berolahraga atau bahkan kumpulan video berisi daftar resep makanan yang Anda sukai.

Memulai membuat playlist sangat mudah. Cukup klik “Add to” di bawah video yang sedang Anda tonton, pilih “Create New Playlist”, beri nama, lalu pilih mau di dibuat private atau tidak. Hanya Anda yang dapat melihat ‘private playlist’ dan tidak dapat dibagikan dengan orang lain.

Setelah Anda berhasil membuat playlist, Anda dapat menambahkan video hanya dengan 2 ketuk, dengan klik “Add to” kemudian pilih playlist yang ingin Anda tambahkan videonya. Anda dapat dengan cepat menuju playlist yang telah Anda ciptakan dengan klik “Library”. Di Library Anda juga dapat mengedit atau menghapus video dari playlist.

4. Nikmati pengalaman menonton YouTube dengan anak Anda

Untuk kenyamanan saat menonton video favorit bersama Anak, sambungkan smartphone ke televisi dengan menggunakan Chromecast. Sehingga Anda dapat mengatur dan menonton apa yang anak Anda tonton bersama-sama. (Source: Majalahkartini.co.id)

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.