Mandatory Credit: Photo by Lexie Moreland/WWD/REX/Shutterstock (10054074m) Martha Stewart YMA Fashion Scholarship Fund Awards dinner, New York, USA - 10 Jan 2019

Rahasia Bangkit Pebisnis Martha Stewart

Seorang wirausaha perempuan yang menjadi ikon gaya hidup yang bisa dijadikan contoh. Dari awal kariernya yang menjadi model hingga broker saham institusional di Wall Street, sampai menjalankan perusahaannya sendiri, Stewart telah mengalami pasang surut ketika beralih dari setiap fase dalam karirnya.

Mengikuti keberhasilan bisnis kateringnya, Stewart juga menerbitkan beberapa buku di tahun 1980-an hingga akhirnya meluncurkan perusahaan media dan merchandising Martha Stewart Living Omnimedia. Merek internasionalnya bahkan sekarang meliputi buku, majalah, acara televisi dan menjangkau hampir 66 juta konsumen hingga lebih.

Stewart memberikan beberapa tipsnya dalam pasang surut berbisnis khusus untuk para wirausaha muda.

1. Jadikan pelajaran seumur hidup

Stewart mengatakan sudah seharusnya bagi setiap orang untuk tidak pernah pensiun ataupun menggunakan kata itu. Ia menyiratkan bahwa seperti halnya matahari terbenam dan tidak ada orang yang mau karirnya tenggelam. Ia menunjuk bahwa sama halnya seperti melampiaskan hasrat untuk berkebun, orang bisa menjadikan hal tersebut sebagai menjadikannya bisnis sebagai pelampiasan sampingan. “Selalu ada hal lain yang bisa dilakukan,” katanya.

2. Mencari inspirasi di mana saja

Perhatikan lingkungan sekitar dan selalu waspada terhadap bakat baru. Stewart bercerita bahwa ia banyak menemukan inspirasi untuk produk barunya di mana saja, bahkan multitasking selama wawancara berlangsung. Dia juga mencari sendiri calon artis untuk tampil di majalahnya hingga acara-acara seperti Smithsonian Craft Show. Stewart bahkan pernah mencetuskan ide untuk pola dalam koleksi seprai yang terinspirasi dari susunan bunga di atas panggung ketika sedang diwawancara.

3. Work life balance

Berbeda dengan orang pada umumnya yang membeda-bedakan antara kehidupannya dan pekerjaan, Stewart merupakan orang yang bertindak sebaliknya. Ia tidak membedakan antara kehidupan pribadinya dengan profesional.  “Hidup saya adalah pekerjaan saya, dan pekerjaan saya adalah hidup saya,” katanya.

Untuk seorang wirausaha yang merek pribadinya merupakan adalah sebuah bisnis, tentunya pekerjaan itu sangat penting untuk keberhasilannya. Tetapi Stewart mengakui bahwa hal tersebut belum tentu berhasil di semua orang. Maka dari itu, setiap orang harus mencari dan menentukan keseimbangannya masing-masing atas dirinya dan pekerjaan.

4. Terus bergerak maju

Meskipun menghadapi berbagai hambatan, termasuk pengadilan di 2004 dan menghabiskan waktu di penjara federal, Stewart memiliki pandangan positif akan hal itu. “Aku tidak pernah menyentuh dasar, hanya gundukan di jalan,” tuturnya. Meskipun begitu, ia juga tidak pernah mencoba mengalihkan perhatiannya dari masalah yang tengah ia hadapi. Daripada itu, ia lebih memilih meluangkan waktunya mencari inspirasi lain, seperti berkebun. Sehingga bisnisnya masih tetap terus berjalan.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.