Peran Media Social Bagi Enterpreneur

Media sosial tengah menjadi tren masyarakat di abad ke-21 ini. Media sosial yang awalnya berfungsi sebagai penghubung masyarakat, telah berevolusi menjadi sarana berbisnis bagi para pebisnis, khususnya para entrepreneur muda. Artikel ini akan membahas hal yang dapat Anda lakukan dengan media sosial serta manfaatnya bagi bisnis Anda.

Apa yang dapat Saya lakukan dengan media sosial?

Media sosial dapat membantu Anda menjalankan bisnis Anda tanpa memerlukan modal yang besar. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan media sosial.

Meneliti Pasar

Target Pasar merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis. Saat ini banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk menganalisa target pasar melalui aktivitas mereka di media sosial, seperti facebook insight, twitter counter, sonar platform, dll. Data-data yang tersedia akan membantu Anda untuk mengetahui aktivitas pasar dan menilai sejauh mana keberhasilan strategi perusahaan Anda.

Meningkatkan Antusiasme dan Kerjasama Pelanggan (Customer Engagement)

Media sosial merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan customer engagement terhadap produk atau jasa Anda. Website perusahaan maupun akun di facebook, twitter, instragram, dan berbagai media sosial lainnya berguna membangun hubungan dengan pelanggan Anda. Desain serta konten yang ditampilkan harus dapat merepresentasikan brand Anda, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Pelanggan yang “jatuh cinta” dengan konten Anda akan terus mengunjungi mengunjungi situs Anda dan mempromosikannya pada orang lain.

Media Promosi

Menggunakan media sosial lebih menekan biaya promosi Anda. Berbeda dengan media offline seperti televisi dan surat kabar yang memerlukan biaya puluhan juta hingga miliaran rupiah, media sosial menawarkan promosi dengan tarif rendah yang efektif dengan jaminan pertambahan jumlah follower.

Manfaat Apa yang Saya Dapatkan?

Penggunaan media sosial sebagai sarana bisnis Anda memberikan berbagai manfaat, diantaranya:

Brand Awareness

Membuat media sosial menjadikan produk atau jasa Anda lebih mudah dikenal masyarakat. Menurut Relevanza, salah satu agensi digital marketing di Amerika, 78% usaha kecil menarik pelanggan baru melalui sosial media. Sedangkan menurut eMarketer, 33% konsumen menggunakan media sosial untuk mencari produk atau jasa baru. Menariknya konten media sosial Anda dan seberapa sering Anda meng-update berita akan meningkatkan brand awareness terhadap produk atau jasa Anda.

Fleksibilitas Akses Informasi

Salah satu kelebihan media sosial dibandingkan dengan media lainnya terletak pada fleksibilitas akses informasi. Dengan media sosial, Anda dapat mengakses informasi apa pun, kapan pun dan dimana pun Anda membutuhkannya. Anda dapat mempelajari aktivitas pasar Anda, mendapat tips-tips untuk usaha, bahkan mempelajari kompetitor Anda. Fleksibilitas akses informasi yang Anda dapat melalui media sosial akan membantu Anda dalam menentukan strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis.

Koneksi dengan Pelanggan

Media sosial memampukan Anda menjalin hubungan tak terbatas dengan customer Anda. Anda dapat memberikan informasi terbaru terkait program atau promo perusahaan kepada pelanggan Anda, sekalipun di tempat dan waktu yang berbeda. Selain itu, Anda juga dapat mendengarkan kritik dan saran yang bermanfaat dari pelanggan Anda.

Jaringan Bisnis yang Luas

Media sosial membuka jaringan bisnis yang luas dari dalam maupun luar negeri. Setiap akun website, blog, atau forum yang Anda buat akan membuka kesempatan yang luas bagi para investor untuk berinvestasi pada bisnis Anda. Karena itu, pastikan Anda memiliki media sosial yang menarik dan potensial di mata investor.

Sekarang Anda telah mengetahui kegunaan media sosial dan manfaat yang Anda dapatkan dari penggunaannya. Apakah Anda sudah menggunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis Anda?

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.