Perempuan dan Literasi Digital

Apa Sih Literasi Digital Itu?
Kita garis bawahi “digital”nya, ya. Secara sederhana literasi digital itu adalah kemampuan seseorang untuk paham dan bisa mengakses sumber informasi berbasis dgital. Contoh paling gampangnya adalah gadget. Siapa sih di antara kita yang tidak punya gadget smartphone plus di dalamnya sudah dijejalkan fitur media sosial di dalamnya? Punya akun media sosial semacam FB, Twitter, Instagram, kan? Atau minimal aplikasi chat seperti Whatsapp, Line sampai Telegram yang beberapa waktu lalu sempat jadi trend topik di berbagai lini masa.

Lalu apa saja literasi digital untuk perempuan :

1.Usia bukan batasan bagi perempuan untuk mengakses internet, menjadikannya sebagai sumber informasi, kolaborasi, bahkan mengoptimasikannya sebagai lahan bisnis. Kalau diperhatikan pelaku bisnis olshop di akun instagram banyak lho yang perempuan dan mereka jago memanfaatkan peluang. Dari kepala sampai kaki bisa jadi uang.


2.Melimpahnya arus informasi menuntut kita untuk peka, teliti dan bertanggung jawab dalam menyaring berita yang diterima, termasuk untuk tujuan akademis seperti karya tulis.


3.Partisipasi atau eksistensi perempuan di era digital menunjukkan bila kaum perempuan bisa berperan aktif mengedukasi masyarakat. Di kalangan praktisi pendidik saja, komposisi dosen perempuan mencapai angka 60%. Yeah, woman power! Ini juga yang membuat Indonesia sebagai proyek percontohan untuk dunia digital dan pemberdayaan perempuan.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.