Perempuan Belum Terlibat Aktif dalam Mengelola Keuangan

Sebuah laporan yang dirilis oleh bank swasta UBS pada bulan Maret 2019 mengungkapkan bahwa mayoritas perempuan tidak terlibat dalam aspek terpenting dari kesejahteraan keuangan mereka, seperti investasi, asuransi dan perencanaan jangka panjang lainnya. Benarkah?

Sementara itu lebih dari 80 persen perempuan yang disurvei secara global sangat terlibat dalam keuangan jangka pendek mereka, mereka secara mengejutkan mengabaikan gambaran yang lebih besar dan karenanya masa depan mereka.

Dari 3.700 perempuan yang sudah menikah dan single parents bercerai yang disurvei di sembilan pasar di Asia, Eropa, Amerika Utara & Selatan, 76 persen menyatakan perencanaan pensiun sangat penting. Namun, 58 persen memilih lepas dari perencanaan keuangan jangka panjang, setelah menyerahkan semuanya sepenuhnya kepada pasangan mereka. Dari semua pasar yang termasuk dalam penelitian ini, Singapura bernasib paling buruk dalam hal keterlibatan perempuan dalam keuangan jangka panjang, dengan 72 persen kekalahan menyerahkannya kepada pasangan mereka.

Dengan memainkan peran yang lebih aktif dalam pengambilan keputusan keuangan, perempuan tidak diragukan lagi akan tumbuh dalam kepercayaan diri dan mendapatkan kebebasan dalam cara mereka menjalani kehidupan mereka.

Sementara manajemen keuangan secara tradisional menjadi tanggung jawab laki-laki, data terakhir menunjukkan tren ini dengan cepat berubah, sebagian didorong oleh adopsi layanan keuangan seluler oleh perempuan. Ini adalah langkah ke arah yang benar, tetapi ada jalan panjang sebelum wanita sepenuhnya mengendalikan masa depan keuangan mereka.

Dengan memainkan peran yang lebih aktif dalam pengambilan keputusan keuangan, perempuan tidak diragukan lagi akan tumbuh dalam kepercayaan diri dan mendapatkan kebebasan dalam cara mereka menjalani kehidupan.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.