Source: Freepik

Simpan Gadget Saat Kumpul Keluarga, Bisa Nggak?

“You don’t choose your family. They are God’s gift to you, as you are to them” Desmond Tutu

Dear Ladies, pernah dengar dan akrab dengan istilah: Gadget mendekatkan yang jauh, menjauhkan yan dekat? Betul, dalam segala suasana termasuk ketika kita sedang berkumpul dengan keluarga, tangan kita tak lepas menggenggam gadget. Entah buat mengabadikan dalam camera phone maupun media sosial. Lalu kapan ngobrol hangatnya?

Tak bisa dimungkiri, saat bepergian bersama teman atau keluarga merupakan waktu yang sangat tepat untuk mengabadikan momen dan di unggah ke sosial media. Hal tersebut tentu saja diperbolehkan dan tiada satupun yang punya hak untuk melarangnya, tapi sebaiknya bila waktu bincang-bincang di mulai jauhkan gadget tersebut dari hadapan atau genggaman kita. Simpan gadget di dalam tas agar suasana kumpul bisa lebih hangat tanpa harus sedikit-sedikit ngecek notifikasi.  

Tahukah Ladies, menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen mengecek berbagai media sosial mereka berkali-kali dalam sehari. Kerenggangan hubungan antaranggota keluarga juga akan semakin parah bila masing-masing anggota keluarga selalu sibuk dengan media sosial miliknya.

Tak ada yang melarang bila beberapa kegiatan yang dilakukan harus menggunakan gadget, seperti menyelesaikan tugas kantor, berbisnis, menghubungi klien, hingga upload momen penting ke sosial media

Namun, bila semua urusan tersebut sudah selesai, tak ada salahnya tinggalkan gadget Anda untuk sementara waktu. Hal ini juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kualitas hidup, yaitu dengan beralih dari gadget ke kumpul bersama orang-orang yang kita sayangi seperti keluarga, saudara, kerabat, dan teman. Tujuannya agar tali persaudaraan diantara satu sama lainnya semakin dekat dan erat. Jadi, jangan terlalu sering bergantung dengan gadget ya

Agar hubungan antaranggota keluarga terjalin harmonis dan sehat secara mental, maka tiap anggota keluarga harus bijak dalam menggunakan media sosial. Anggota keluarga perlu menahan diri untuk tidak membuka gadget, sebab kecanduan muncul dari kebiasaan yang tidak bisa kita kontrol.

Akan menjadi lebih bijak kalau kita mampu mengontrol diri untuk tidak membuka gadget. Kalau misalnya dengan keluarga, kita merasa gadget menjadi hal yang mengganggu, kita seharusnya secara rasional tidak menggunakan gadget saat bersama keluarga.

Meski demikian tidak selamanya menggunakan gadget saat bersama keluarga itu berdampak buruk lho. Setiap anggota keluarga harus pandai memanfaatkan gadget agar tidak mengganggu keharmonisan dan kehangatan dalam interaksi keluarga

Dan tagline “mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat” bisa diubah menjadi “mendekatkan yang jauh, mendekatkan yang dekat.”

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.