Bagaimana Cara Menghapus Cache Dari Smartphone ?

Setiap smartphone pasti memiliku sebuah sistem penyimpanan data untuk memudahkan prosesor dalam bekerja. Salah satunya adalah data cache, setiap aplikasi di smartphone android kita pasti akan memiliki data cache.

Tapi apa Anda tahu cache itu apa ? apakah cache harus dihapus atau tidak?

Chace adalah data yang disimpan sementara yang disimpan pada sistem penyimpanan internal smartphone. Data cache ini mencatat semua aktivitas Anda saat menggunakan sebuat aplikasi. Cache berguna untuk membuat kerja smartphone saat mengakses sebuah aplikasi jadi lebih cepat.

Contohnya seperti ini. Saat Anda membuka aplikasi browser lalu mengakses situs Facebook dengan menulis alamat webnya di kolom pencarian. Melakukan login, menyimpan password dan membuka galeri foto. Semua data Anda akan disimpan dalam data cache.

Sehingga saat besok Anda membuk browser dan ingin mengakses situs Facebook, Anda tidak perlu lagi menulis alamat web login lagi karena data kamu sebelumnya sudah tersimpan di data cache. Aksesnya pun menjadi lebih cepat.

APA DATA CACHE HARUS DIHAPUS ?

Setelah tahu soal chace, lalu apa masalah selanjutnya ? Apa cache harus dihapus ? Data chace memang bermanfaat untuk efesiensi waktu serta kecepatan smartphone mengakses sebuah aplikasi. Tapi jika data cache terlalu besar justru akan membuat kinerja smartphone menjadi lemot karena memori internal yang kepenuhan.

Jadi, sebaiknya Anda menghapus data cache secara rutin. Tidak perlu setiap hari, bisa lakukan 2 hari sekali atau seminggu sekali saja. Atau kamu juga bisa menghapus data cache kapanpun ketika Anda merasa kinerja smartphone mulai lemot.

Begini cara hapus cache di HP android :

1. Cara Hapus Cache tanpa Aplikasi

Cara hapus cache tanpa aplikasi hanya butuh beberapa langkah sederhana. Begini tahapannya :

  • Pertama, buka menu pengaturan di smartphone android Anda. Setelah itu masuk ke Menu Apps, pilih aplikasi mana yang ingin hapus cache.
  •  Setelah masuk di dalam menu aplikasi, tap pada pilihan Clear Chace. Dengan begitu semua cache akan terhapus. Ketika Anda membuka aplikasi, Anda seperti membuka aplikasi untuk pertama kalinya.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.