Digital Marketing adalah Wajah Pemasaran Masa Kini

Berita

Digital Marketing adalah Wajah Pemasaran Masa Kini

Apa Itu Digital Marketing?

Seperti yang dijelaskan pada kutipan diatas, secara umum digital marketing adalah proses dimana seorang marketer, memasarkan melalui media-media digital. Media digital yang umum adalah website, media sosial, e-mail, dan aplikasi mobile (aplikasi yang tersedia di perangkat telepon genggam, tablet, atau perangkat lainnya). Tujuan digital marketing secara garis besar sama seperti marketing pada umumnya, yakni menyasar ranah awareness (pengetahuan calon customer pada produk atau jasa), ataupun ranah konversi dan peningkatan konversi (scale up).

Channel yang Bisa Digunakan Untuk Digital Marketing Adalah

  • Pemasaran Digital Melalui Website

Website merupakan channel digital marketing yang cukup tua dikenal. Website menyediakan fitur yang hampir tidak terbatas untuk menyampaikan informasi pada calon customer sebuah usaha. Bentuk-bentuk website juga sangat banyak mulai dari jenis blog, e-commerce, atau bahkan cukup simpel dengan menampilkan satu halaman yang tercakup beberapa informasi terkait produk yang dipasarkan.

Website bisa dibilang merupakan channel digital marketing yang “wajib” dimiliki oleh para pemasar. Hal ini karena banyak informasi yang kurang bisa disampaikan secara panjang di media sosial namun bisa dengan mudah ditampilkan di website. Namun, tentunya untuk memiliki sebuah website dibutuhkan sebuah domain dan hosting.

  • Pemasaran Digital Melalui Media Sosial

Media sosial merupakan tempat orang bersosialisasi dan merupakan tempat yang paling potensial untuk mendapatkan database PALING BAIK. Ada banyak sekali media sosial yang bisa digunakan untuk menggali pasar lebih dalam. Namun, tiga diantara sekian media sosial yang paling banyak digunakan adalah Facebook, Youtube dan Instagram. Sedangkan aplikasi penerima pesan Whats App atau Facebook Messenger juga menempati posisi yang cukup tinggi.

Berbicara soal media sosial, tentu tidak bisa dipisahkan dengan pembuatan konten didalamnya. Satu hal yang bisa dilakukan ketika mengerjakan konten untuk media sosial adalah konten yang organik dan menarik untuk di share para pembacanya. Dan selain mendapatkan traffic secara organik, bisa juga dengan melalukan pembayaran malalui fitur iklan berbayar yang telah disediakan.

  • Pemasaran Digital Melalui Email

“Email marketing tidak mati. Kalau kamu tidak menggunakannya, kamu kalah.”Gary Vaynerchuck

Pemasaran melalui email mungkin dianggap tidak berguna bagi sebagian pemasar. Hal ini berangkat dari asumsi, kemungkinan orang untuk membuka email cukup kecil (kecuali orang yang cukup aktif menggunakannya sebagai alat komunikasi). Sehingga banyak sekali para pemasar melewatkan channel ini dan hanya menggunakan website atau media sosial.

Semua tentang email adalah menyampaikan janji. Menyampaikan janji adalah bagian besar dari email marketing, kenapa? Karena orang akan lebih mau “melompat” ketika mengetahui kemana mereka akan “melompat”.

Kunci dari email marketing adalah janji yang diungkapkan dibagian depan. Baru kemudian hal yang sebenarnya ingin disampaikan pada janji tersebut. Janji ini kemudian dikemas menjadi sebuah konten yang eksklusif agar lebih menarik.

  • Pemasaran Digital Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile menjadi salah satu channel yang cukup menjanjikan untuk dijadikan media pemasaran. Karena dengan aplikasi mobile berarti kita sudah bisa “masuk” kedalam ranah privat yang dimiliki orang pada masa kini. Melalui mobile kita bisa memantau demografi dan bahkan perilaku seseorang ketika menginstallnya kedalam perangkat mobile miliki mereka.

Namun untuk mengenalkan sebuah aplikasi mobile, memerlukan beberapa hal yang perlu dicermati. Hal ini karena pengguna perangkat mobile saat ini didominasi oleh pengguna Android dan iOS. Dan untuk mendaftarkan aplikasi mobile pada Google Play Store ataupun Apple Store memerlukan strategi khusus. Misalnya dengan cross channel marketing  dengan menggunakan website atau media sosial untuk memasarkannya.

Pekerjaan Digital Marketing

Digital Marketing adalah ranah baru dari bidang marketing, yang memiliki penerapan yang hampir serupa meski channel nya berbeda. Berbagai pekerjaan dalam bidang digital marketing yang kerap dicari biasanya adalah digital marketer, social media specialist, SEO specialist, SEM specialist, dan data analyst. Lowongan digital marketing banyak sekali menyerap tenaga-tenaga kerja baru di berbagai bidang usaha.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.