Bisa Kerja Apa Millenials Di Era Digital ?

Saat ini, populasi milenial dibandingkan dengan seluruh penduduk usia kerja sebesar 24 persen. Angka tersebut setara dengan 63 juta penduduk, yang akan terus bertambah dan puncaknya terjadi di 2025 di mana Indonesia akan mengalami bonus demografi. Lalu, apakah pasar tenaga kerja Indonesia sudah siap menyerap penduduk produktif yang jumlahknya akan terus bertambah tersebut?

Jumlah pekerjaan yang muncul karena digitalisasi lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pekerjaan yang tergerus digitalisasi. Historis pekerjaan yang dihasilkan oleh digitalisasi lebih besar dibandingkan dengan pekerjaan yang hilang. Sehingga, potensi milenial untuk bisa mendapatkan pekerjaan di masa yang akan datang sebenarnya cukup besar.

Pada Global Competitivenss Index 2018 yang dirilis oleh Forum Ekonomi Dunia (WEF), Indonesia menempati posisi ke 44 dari 140 negara, sementara pada Global Talent Competitiveness Index 2019, Indonesia menempati posisi ke 67 dari 125 negara.

Pada Global Competitivenss Index 2018 yang dirilis oleh Forum Ekonomi Dunia (WEF), Indonesia menempati posisi ke 44 dari 140 negara, sementara pada Global Talent Competitiveness Index 2019, Indonesia menempati posisi ke 67 dari 125 negara. Potensi penyerapan kerja, dengan posisi indeks kompetisi seperti yang sudah disebutkan, Indonesia masih belum siap untuk bisa meningkatkan kompetensi tenaga kerjanya menjadi tenaga kerja terampil.


Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.