Pentingnya Penggunaan Software HRD untuk Perusahaan Skala Besar Maupun Kecil

Ada berbagai jenis software HR yang dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Beberapa diantaranya mampu mengerjakan hampir seluruh fungsi HR, sementara yang lainnya mungkin hanya mencakup satu atau dua fungsi saja. Beberapa jenis Software HR meliputi HRIS, HRMS (Human Resources Management Systems), HCM (Human Capital Management), ATS (Applicant Tracking Systems), dan Payroll software Setidaknya ada 7 (tujuh) alasan mengapa setiap perusahaan memerlukan software HRD, yaitu:

1. Jumlah karyawan yang banyak membuat tim HRD kerepotan untuk melakukan pengelolaan yang baik dan memperbesar margin kesalahan. Dengan menggunakan software, potensi kesalahan akan dapat diperkecil, karena sudah ditangani oleh sistem yang teruji.

2. Perkembangan bisnis yang semakin pesat dan semakin kompleks. Terkadang karyawan maupun sumber daya manusia di perusahaan belum terlalu siap dengan perkembangan yang ada. Keberadaan software HR dan payroll dapat menjadi solusi yang tepat. Upgrade software tentu lebih mudah dan mempersingkat waktu dibandingkan harus menunggu penyesuaian dari SDM di perusahaan.

3. Efektivitas kinerja karyawan akan tercatat secara lebih rapi dan akurat.

4. Paperless Office. Dengan bantuan software, pasti akan mengarah ke paperless office karena pengarsipan di sistem menjadi lebih rapi. Artinya perusahaan menjadi lebih mudah dalam mengakses berkas apa pun. Paperless office juga dapat mendukung pelestarian lingkungan.

5. Penyesuaian dengan peraturan Pemerintah akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan software.

6. Acuan promosi serta karir karyawan yang sangat banyak dan memusingkan. Tabulasi dari software HRD akan membantu mengontrol tingkat akurasi supaya setiap pihak memperoleh keadilan.

7. Penggunaan software akan mempermudah sistem pelaporan. Penyortiran dan pengolahan laporan juga dapat dilakukan secara lebih akuntabel.

Jika ada perusahaan yang telah Menggunakan Sistem HRD, berarti perusahaan mulai menyadari bahwa memerhatikan para karyawannya secara khusus memang perlu dilakukan. Meskipun setiap karyawan sudah diberikan gaji, tetapi kenyataanya tidak semua karyawan dapat bekerja sesuai harapan perusahaan, beberapa karyawan masih memiliki peluang untuk melakukan kesalahan, dan lainnya. oleh karena itu, penggunaan sistem HRD yang baik merupakan salah satu solusi yang tepat untuk memastikan bahwa semua karyawan dikelola secara optimal untuk menjalankan setiap tugas dan tanggungjawab pekerjaannya.

Pengelolaan SDM secara khusus sebenarnya bukan hanya membahas tentang agar karyawan dapat bekerja dengan baik bagi perusahaan. Namun juga membuat semua karyawan dapat bekerja secara optimal. Perusahaan besar yang memiliki target besar sangat membutuhkan software HRD yang tepat dan canggih. Dengan begitu, perusahaan akan lebih mudah mencapai kesuksesan.

Bagi perusahaan dengan skala kecil, perlu berinvestasi dalam solusi perangkat lunak HR yang baik. Dengan penggunaan perangkat lunak HR yang baik, maka membantu Anda tetap teratur dalam menangani tugas-tugas SDM yang umum seperti pencatatan, penggajian, dan manajemen kinerja karyawan. Ada beberapa pilihan yang tersedia bagi Anda saat mencari software HR yang cocok untuk usaha kecil, yaitu Core HR yang mengacu pada fungsi SDM secara administratif seperti pelacakan data kehadiran karyawan, perhitungan dan pemrosesan gaji karyawan, dan lain sebagainya. Dan strategic HR, yang akan membantu HRD dengan berbagai tugas strategis seperti mempekerjakan dan mempertahankan staf terbaik, melacak perkembangan karyawan dalam jangka panjang, dan masih banyak lagi.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.