Tantangan yang Dihadapi Divisi HR di Era Digital

Apabila dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, tantangan yang dihadapi oleh divisi HR zaman sekarang tentu sangat berbeda. Perbedaan yang paling terasa adalah tingginya kebutuhan terhadap internet. Salah satu contoh paling sederhana adalah rekruitmen karyawan. Dulu, untuk bisa mendapatkan pekerjaan, kandidat harus melamar dengan datang langsung ke alamat perusahaan yang dituju. Sekarang, kandidat bisa melamar hanya dengan apply melalui internet.

Kebutuhan terhadap internet ini menandai bahwa kini kita telah masuk ke era digital. Divisi HR pun memiliki berbagai tantangan tersendiri yang harus ditaklukkan agar tetap bisa relevan di dunia bisnis. Kira-kira apa saja tantangan tersebut?

Mencari Talent Terbaik

Menurut survei dari XpertHR, rekrutmen karyawan akan menjadi salah satu tantangan terbesar divisi HR pada tahun 2018 ini. Hal ini juga disetujui oleh Stan Kimer, pemilik Total Engagement Consulting by Kimer, sebuah perusahaan konsultasi karir. Seiring dengan semakin banyaknya karyawan dari generasi baby boomer yang mulai memasuki masa pensiun, perjuangan untuk mencari karyawan terbaik akan semakin menantang.

Generasi milenial diprediksi akan mendominasi lapangan pekerjaan. Bahkan kabarnya generation z juga akan mulai memasuki lingkungan kerja pada tahun 2018 ini. Sudah saatnya Anda mencari tahu lebih banyak tentang kedua generasi tersebut agar bisa menarik talenta terbaik untuk perusahaan Anda.

Pesatnya Kemajuan Teknologi

Era digital sangat erat kaitannya dengan kemajuan teknologi. Meski sebenarnya merupakan sebuah hal positif, tak dapat dipungkiri bahwa yang namanya perubahan selalu menjadi tantangan tersendiri. Selama teknologi terus mengalami perkembangan, selama itu pula divisi HR harus terus melakukan adaptasi.

Hal tersebut bisa dimulai dengan beralih menggunakan software seperti Sleekr HR. Prosesnya yang bersifat otomatis akan sangat mengurangi paperwork dan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan administratif lebih cepat, mulai dari mengurus data absensi, gaji karyawan, cuti, hingga menghitung pajak dan melaporkannya. Anda pun bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan hal-hal lain yang lebih krusial.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.