Tips Sukses Mahasiswa Punya Penghasilan Sendiri

Buat kamu yang punya mau mulai punya uang sendiri, gak perlu nunggu lulus kuliah bisa kok! Mungkin selama ini kamu selalu berpikir, “Pasti repot deh kuliah sambil sambil bikin usaha, mager ah!” atau “Kuliah sambil nyari uang? Bisa-bisa gak lulus kuliah tepat waktu nih kalau udah keenakan cari uang”.

Sebenarnya, kuliah sambil punya usaha bisa dibilang gampang-gampang-susah. Kamu butuh komitmen dan konsistensi yang kuat agar bisa seimbang menjalankannya. Jangan lupa untuk punya target-target, seperti lulus kuliah harus tepat waktu supaya tidak merepotkan orang tua yang membiayai kamu.

Nah, ada beberapa tips nih untuk kamu yang mau ngejalanin kuliah sambil jalanin usaha, yuk simak di bawah ini:

  • Mulai tanam jiwa bisnis

Meski status kamu mahasiswa, jangan pernah minder atau takut untuk terjun ke dunia usaha. Sebab, pada dasarnya semua bidang bisa kamu pelajari dari nol. Mulailah dengan mempertajam ilmu dan skill dengan baca buku/majalah bisnis, berdiskusi dengan para pelaku usaha yang kamu kenal, mengikuti forum kewirausahaan di kampus, mengikuti seminar atau pelatihan bisnis, serta memperluas networking dengan bergaul di lingkungan para pengusaha muda. Kamu juga bisa melatih jiwa bisnis kamu dengan mulai usaha kecil-kecilan kayak jualan pulsa atau paket internet. Mulai pede menawarkan ke teman atau kenalan kamu. Apalagi kalau kamu punya networking yang luas. Jadi lebih mudah jualannya. Bagi waktu sebaik-baikny

Sudah barang pasti waktu seorang mahasiswa akan tersita di bangku perkuliahan dan sibuk dengan mengerjakan tugas-tugas kuliah yang setiap harinya menumpuk. Tapi, tidak menutup kemungkinan dapat merintis usaha kecil-kecilan di sela-sela jadwal kuliah kamu tiap hari. Yang terpenting adalah bijak dalam membagi waktu. Pisahkan waktu belajar dengan waktu luang untuk merintis usahamu. Sebagai contoh, gunakan waktu pagi hingga sore untuk fokus mengurus segala hal yang berhubungan dengan kuliah. Sedangkan, di malam hari atau pada hari libur, optimalkan tenaga dan pikiran kamu untuk menciptakan ide kreatif agar dapat mengembangkan usaha sampingan yang sedang kamu rintis. Jika waktumu bisa terbagi secara seimbang, usaha lancar, dan kuliah juga tidak terganggu. Misalnya, kamu bisa coba rekrut teman kamu buat jadi Mitra Grab pakai aplikasi Kudo. Komisinya lumayan banget kalau dikumpulin. Kamu bisa beli sepatu atau gadget baru dan otomatis temen kamu juga bisa punya penghasilan sendiri.

  • Aktif berpromosi di lingkungan sekitar

Untuk mendukung perkembangan usaha yang telah dijalankan, sebaiknya kamu mulai berpromosi di lingkungan sekitar. Contohnya, dengan menginformasikan produk atau jasa kamu kepada teman-teman kuliah, teman kos, keluarga, saudara, dosen-dosen, atau bisa juga dengan melakukan promosi melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Blog, dan platform lainnya. Misalnya, kamu mau jualan pulsa dan paket data untuk berbagai provider yang dibutuhin teman-teman kampus kamu, tinggal bikin flyer berupa gambar yang bisa kamu buat langsung pakai aplikasi di smartphone, terus tinggal upload deh di media sosial, dan jangan lupa tag akun teman-teman kamu. Kalau kamu aktif, dijamin laku keras deh.

  • Tentukan peluang usaha yang sesuai dengan modal

Ketika mental bisnis kamu sudah mulai terbangun, hal lain yang perlu diperhatikan adalah memilih jenis usaha yang sesuai dengan modal kamu. Cukup dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet saja banyak keuntungan yang bisa kamu hasilkan.

  • Mulai sekarang

Setelah semua persiapan dan kemampuan yang kamu miliki telah matang, kini, tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda rencana usaha yang telah dibuat dan segera merealisasikannya untuk mendapatkan penghasilan di dalam usaha baru yang akan kamu jalankan.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.