Source: Rawpixel

Working Mom, Pilih Daycare atau Babysitter?

Sebagai ibu bekerja atau working mom, tentu Anda kerap dihadapi dilema apakah memilih menitipkan anak di daycare atau kepada babysitter. Dont worry Ladies, berikut plus minus ketika Anda memilih salah satunya.

1. Daycare

Daycare merupakan lembaga penitipan anak yang dapat menggantikan peran orang tua dalam merawat dan mengasuh anak. Daycare memiliki banyak manfaat pendidikan dan sosial yang melimpah pada anak, termasuk yang kemungkinan tidak ia dapatkan pada pengasuh tunggal.

Berinteraksi dengan sesama dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan kemampuan sosial mereka dan juga membangun hubungan. Seperti semisalnya berteman, berbagi, bermain bergiliran dan berpartisipasi pada permainan kelompok. Pada daycare yang berbasis kurikulum, ada juga konten-konten seperti pengetahuan, ilmu sosial, matematika dan pelajaran literasi dini yang bertujuan untuk mengembangkan fungsi kognitif anak.

Meskipun banyak keuntungannya, daycare belum tentu berlaku untuk semua orang. Daycare beroperasi pada jam dan hari yang sudah ditentukan. Semisalnya, tidak sampai malam hari ataupun buka pada akhir minggu. Selain itu, belum tentu daycare dapat menjawab kebutuhan anak. Belum lagi Anda harus waspadai penyebaran bakteri ataupun virus yang dapat terjadi dengan kontak di kalangan anak-anak karena dapat menyebar dengan cepat.

2. Babysitter

Meski tidak dapat memberi interaksi sosial yang dilakukan oleh daycare, tetapi Anda dapat menemukan babysitter yang dapat bekerja di rumah Anda pada jam yang Anda inginkan. Tentunya ini sangat membantu pada orang tua yang tidak memiliki jam bekerja pada umumnya ataupun sering lembur. Babysitter juga bisa memberikan anak perhatian secara individual yang tidak didapatkan di daycare.

Tetapi, dengan perhatian yang dimiliki oleh babysitter bisa berdampak pada anak-anak karena merasa dirinya disukai atau disayangi. Namun ia akan merasa kesepian ketika ia tumbuh menjadi makhluk sosial. Selain itu pula, berbeda dengan para pekerja di daycare yang diamati oleh atasan mereka, babysitter tidak diawasi. Dengan begitu, Anda tidak dapat selau yakin dengan apa yang babysitter Anda lakukan.

Nah Ladies, apapun yang Anda pilih, tentunya bertujuan baik untuk anak. Dengan demikian, cari tahu terlebih dahulu dengan baik jasa yang ingin Anda gunakan dan lakukan interview. Periksa juga lisensi mereka untuk mengetahui apakah mereka mengerti perkembangan anak dan juga pertolongan pertama yang tepat pada anak.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.