Drop ship dan Reseller, Apa Perbedaannya?

Dalam bisnis online, kita pasti sering melihat tawaran untuk menjadi drop shipper atau reseller. Tapi apakah anda tau perbedaan dropship dan reseller?

1. Modal
Dropship dan reseller merupakan kegiatan bisnis yang mudah dilakukan oleh pemula. Pada dropship, penjual atau yang biasa disebut dropshipper hanya perlu meneruskan pesanan konsumen kepada produsen atau supplier. sehingga bisnis ini hampir – hampir tidak perlu mengeluarkan biaya. Lain halnya dengan reseller yang perlu menyediakan modal untuk melakukan pembelian barang sebagai stock.

2. Stock Barang
Dropshipper tidak perlu melakukan stock barang. Dropshipper hanya harus menyediakan informasi mengenai barang yang dijual dan kemudian menawarkannya kepada konsumen. Jika konsumen berminat dengan barang yang dijual, maka dropshipper akan membuat pesanan kepada produsen atau supplier. Produsen atau supplier akan mengirimkan barang tersebut kepada konsumen, dengan data penjual sebagai data pengirim.
Sementara dalam bisnis reseller, penjual perlu membeli sejumlah barang dari produsen atau supplier sebagai stock barang. Penjual membeli barang dari produsen atau supplier, kemudian menjual kembali kepada konsumen.

3. Keuntungan
Dropshipper dan reseller sama – sama mendapatkan keuntungan dari selisih harga barang. Reseller mungkin bisa mendapatkan margin yang lebih tinggi, karena harga yang kompetitif. Reseller juga dapat menjual barang dengan leluasa, karena memiliki kendali pada stock dan harga barang. Berbeda dengan dropshipper yang perlu terus mendapatkan informasi stock dan harga barang.

4. Resiko
Reseller punya resiko kerugian yang lebih tinggi dibandingkan dropshipper. Hal ini karena reseller melakukan stock barang. Apabila stock tersebut tidak laku dijual, tentu hal itu menjadi sebuah kerugian bagi reseller. selain itu, reseller melakukan pengemasan dan pengiriman barang. Maka ketika barang mengalami kerusakan selama proses pengiriman, hal ini tentu menjadi tanggung jawab reseller. berbeda dengan dropshipper. Pengemasan dan pengiriman barang dilakukan langsung oleh produsen atau supplier.
Berjualan dengan menjadi dropshipper atau reseller pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang terpenting adalah anda harus konsisten dalam menjalankan bisnis tersebut. Selain itu anda juga harus jeli dalam mencari pelanggan. Memberikan pelayanan yang baik, harga produk yang kompetitif, serta produk yang berkualitas mampu menentukkan keberhasilan anda dalam berjualan.

Nah bagaimana, tertarik untuk memulai berjualan online?

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.