Source: Maxmanroe

Suka Crafting? Mulai Bisnis Handycraft Yuk!

Ladies, seiring berkembangnya platform digital pada generasi milenial, budaya dan tren dapat bergeser begitu cepat. Salah satu yang tengah ramai digeluti oleh millenial adalah bisnis Crafting.

Secara garis besar, crafting dapat diartikan sebuah kegiatan memproduksi sebuah karya dengan bermodal kreativitas serta keterampilan tangan yang dimiliki dengan memanfaatkan bahan baku yang ada dan setiap karya yang dihasilkan  memiliki nilai artistik di dalamnya.

Anda punya passion crafting? Kenapa nggak dimulai saja berbisnis, berikut tahapannya:

1. Tentukan target pasar

Sebelum menentukan target pasar, Anda harus coba menjawab beberapa pertanyaan seperti siapa pelanggan ideal? Laki-laki atau perempuan? Apa hobi mereka? Berapa usianya? Berapa penghasilannya? Setelah menjawab semua pertanyaan tersebut, tulis jawaban dan bayangkan karakter apa yang sesuai dan apa keinginan mereka?

2. Tentukan produk

Kemudian Anda mulai menentukan produk handamde apa yang ingin dipasarkan, lalu Anda harus melakukan validasi tentang permintaan produk tersebut. Bagaimana caranya? Buatlah contoh produk dalam bentuk gambar ataupun barang jadi, dan lakukan survey tentang produk yang akan Anda jual kepada beberapa orang sesuai karakter yang telah ditentukan. Untuk memudahkan validasi, Anda dapat menanyakan hal tersebut ke orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, dan lain sebagainya.

3. Bangun branding

Salah satu tahapan penting ialah branding. Cobalah mulai membuat logo bisnis dan materi branding lain seperti website, social media. Setelah membuat konsep branding, Anda juga harus memikirkan proses produksi dari produk handmade tersebut. Anda harus mempelajari cara membuatnya sesuai permintaan pasar dan pastikan Anda mempunyai supplier material.

4. Go to pemasaran

Mulailah pasarkan bisnis kepada teman dekat Anda dan minta mereka untuk merekomendasikan bisnis Anda bisa melalui media sosial. Selain itu, cobalah pasarkan bisnis Anda melalui website dan social media seperti Facebook, Instagram, Pinterest, dan lain sebagainya. Anda juga dapat memasarkan bisnis Anda melalui marketplace yang ada di Indonesia.

2.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.