Ketika perempuan menjadi ayah dan ibu sekaligus
Thinkstock

Semangat untuk Single Working Mom

Jumlah perempuan bekerja dewasa ini semakin meningkat, termasuk perempuan yang harus berjuang sendiri karena keadaan, seperti para single mothers atau ibu tunggal. Tentunya tak ingin ada perempuan yang menjalani posisi sekaligus sebagai ayah dan ibu, namun bukan berarti menyerah.

Lalu, bagaimana Anda memanajemen waktu antara pekerjaan dengan kebutuhan Anak yang harus didampingi, simak tips berikut ini:

1. Percaya jika Anda tidak sendiri

Menurut sebuah studi dari Pew Research, 8 dari 10 orang dewasa yang disurvei mengatakan bahwa perempuan menghadapi banyak tekanan untuk menjadi orang tua tunggal yang terlibat (dibandingkan dengan hanya 56 persen yang mengatakan hal yang sama tentang pria).

Sebuah studi tahun 2018 tentang peran sebagai ibu dari Welch menemukan bahwa rata-rata hari kerja ibu dimulai pada 6:23 pagi dan tidak berhenti sampai sekitar 8:31 malam . Itu berarti sekitar 14 jam kerja tanpa henti dan tugas rumah. Dan jangan lupa: Pekerjaan seorang ibu tidak berhenti ketika akhir pekan tiba atau hari libur tiba.

2. Buat catatan mingguan

Keluarkan selembar kertas dan buat daftar apa yang telah Anda lakukan dalam minggu terakhir untuk memudahkan tugas harian Anda. Mulailah dengan tugas pekerjaan Anda, duniawi dan juga yang penting. Kemudian mulailah mendaftarkan tugas-tugas rumah tangga dan penitipan anak Anda. Masukkan cucian ke laundry leboh menghemat waktu dan Anda lebih punya waktu membacakan cerita untuk anak misalnya.

Jangan lupa di tengah kesibukan Anda bekerja dan mendidik Anak, sempatkan waktu me time untuk memberi charge pada diri Anda. Bisa membacam berkebun, merawat diri, dan bertemu dengan teman-teman untuk sharing pengalaman kerja.

3. Cari tempat kerja ramah anak

Beberapa waktu ini semakin banyak ruang kerja atau instansi yang didevelopment untuk kebutuhan ibu bekerja. Perusahaan yang baik memperluas manfaat dan budaya mereka untuk mengakomodasi tantangan unik orang tua, dan menuai manfaat nyata (termasuk keterlibatan karyawan yang lebih baik dan yang lebih rendah. Lalu ada pula perusahaan, seperti yang menawarkan penitipan anak di tempat bagi.

4. Rayakan diri Anda

Untuk semua yang Anda lakukan minggu ini, dan semua yang Anda lakukan sepanjang hidup, Anda pantas mendapatkan lebih dari sekadar tepukan di punggung. Terus terang, Anda layak mendapatkan pijatan, makanan kesukaan dan bisa nonton seharian tanpa gangguan. Tetapi jika hal-hal itu tidak mungkin dilakukan hari ini, luangkan waktu sejenak dan dengan serius mengakui upaya Anda.

Jangan biarkan suara-suara sumbang- baik di luar maupun di dalam – menjatuhkan Anda. Anda mungkin tidak melakukan semua yang idealnya ingin Anda lakukan, Anda mungkin lelah setiap hari, dan kadang-kadang Anda mungkin merasa gagal. Bagi seorang ibu bekerja tunggal yang merasa putus asa karena kurangnya dukungan di tempat kerjanya: Anda lebih kuat daripada yang Anda bayangkan.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.