Source: Odua Images

30 Hari Jadi Karyawan Baru, Perhatikan Hal Ini

Minggu-minggu pertama seseorang di lingkup kerja baru menjadi pengalaman yang membuat gugup sebagian besar orang. Entah harus memperkenalkan diri, ikut orientasi kantor, sesi pelatihan dan administrasi lainnya. Selagi semuanya hal tersebut penting, namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan pada karyawan baru pada 30 hari pertama mereka di kantor dari softwareadvice.

1. Manfaatkan kesan pertama

Anda hanya mendapatkan satu kesempatan untuk membuat kesempatan pertama. Sebelum memperkenalkan diri Anda ke yang lain, ada baiknya untuk mencari tahu apa yang akan Anda katakan pada mereka. Persiapkan jawaban yang ringkas untuk pertanyaan-pertanyaan seperti kenapa Anda memilih pekerjaan ini, pekerjaan sebelumnya, sekolah Anda dan lainnya. Gunakan juga ini untuk membangun hubungan dengan rekan kerja yang lain.

2. Mengerti tentang pekerjaan dan bagaimana Anda dievaluasi

Tanggung jawab Anda mengenai pekerjaan baru ini mungkin mengalami perubahan. Tanyakan hal tersebut pada atasan Anda dan pastikan kalau Anda mengerti dengan jelas apa tugas Anda, tanggung jawab Anda serta orang yang berwenang sebelum Anda mengambil proyek apapun.

Begitu pula dengan bagaimana kinerja Anda dievaluasi. “Cari tahu apa kriteria yang akan dinilai untuk menentukan Anda sukses atau tidak dengan pekerjaan Anda,” kata Lisa Quast, konsultan pengembangan karir dan CEO dari Career Woman Inc. Jangan takut menanyakan hal itu pada atasan Anda.

3. Wawancarai atasan Anda

Menurut Quast, kunci agar menjadi karyawan baru yang berhasil adalah membantu atasan Anda berhasil. Cari tahu apa yang membuat atasan Anda bekerja sampai larut malam dan memiliki ide kreatif untuk meringankan kecemasan-kecemasannya itu. Sekaligus, tanyakan mengenai tujuannya dan pandangannya mengenai tim Anda sehingga Anda bisa menggunakan skill yang Anda miliki untuk mencapai tujuan tim.

4. Pelajari mengenai perusahaan

Sebelum Anda berkontribusi, pelajari dahulu bagaimana perusahaan bekerja. Seperti apa pandangan bisnis perusahaan, bagaimana perusahaan melakukan bisnis dan yang lainnya. Meluangkan waktu untuk mengeksplorasi ini akan membantu Anda mengerti bagaimana pekerjaan Anda dapat membantu perusahaan.

Menurut Tracy McCarthy, Senior VP of Human Resources for SilkRoad Technology, itulah yang membedakan antara karyawan biasa dan karyawan luar biasa. Karyawan luar biasa adalah yang mencoba mengerti sebelum mereka membuat keputusan ataupun asumsi mengenai apa yang terjadi pada perusahaan.

“Mereka yang bertanya, mencari tahu dan mengerti perusahaan akan berakhir menjadi karyawan terbaik. Karyawan yang menunggu semua informasi itu akan menjadi yang rata-rata,” katanya.


Mungkin hal-hal ini membuat waktu dan energi yang lebih untuk dilakukan, bahkan bisa lebih dari 30 hari. Tetapi, dengan menanyakan hal-hal yang tepat, membangun hubungan dengan rekan kerja serta mempelajari mengenai perusahaan dapat membantu Anda mendapatkan kredibilitas dan kesempatan agar dianggap penting oleh perusahaan lebih cepat.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.