Ingin jadi freelancer? Ini tips agar kamu sukses!

Freelancer saat ini menjadi salah satu profesi yang tengah diminati banyak orang. Bagi sebagian orang, bekerja sebagai freelancer lebih flexible dibandingkan dengan bekerja kantoran. Ada juga yang menjadi freelancer untuk mendapatkan uang tambahan, disamping pekerjaan utama. Buat kamu yang tertarik untuk mencoba jadi freelancer, berikut tips yang bisa kamu gunakan agar kamu sukses.

Buatlah brand untuk dirimu.

Sebagai freelancer, membangun brand untuk dirimu adalah hal yang penting. Klient perlu diyakinkan untuk mempekerjakanmu, dengan melihat portfolio yang kamu punya. Manfaatkan social media seperti linkedin dan facebook untuk memperkenalkan dirimu dan portofoliomu. Isilah biodata dan deskripsi diri sebaik dan semenarik mungkin. Isi halaman feedmu dengan hal – hal yang memang berkaitan dengan pekerjaanmu. Share juga pengalaman singkatmu dengan project sebelumnya. Kamu juga bisa memfollow komunitas yang sesuai dengan pekerjaan.

Perluas jaringan pertemanan

Ikutilah seminar, gathering, dan acara – acara lain yang sesuai dengan bidang pekerjaanmu. Dengan datang ke acara – acara tersebut, kamu akan dapat bertemu dengan rekan seprofesi, atau bahkan calon client. Manfaatkanlah kegiatan ini untuk menambah wawasan dan pertemanan.

Manfaatkan channel

Saat ini sudah banyak platform yang khusus menyediakan tempat bagi para freelancer. Kamu bisa bergabung dengan platform tersebut untuk mendapatkan client. Sribulancer, fastwork, project.co.id adalah beberapa platform freelancer yang bisa kamu coba. Jangan lupa, buat profile mu semanarik mu dengan mencantumkan pengalaman dan project – project yang pernah kamu kerjakan.

 Disiplin dan konsisten.

Seorang freelancer tidak terikat waktu dan tempat dalam bekerja. Hal ini bisa menjadi godaan untuk bersantai – santai dan mengerjakan proyek secara last minute. Hal ini tentu saja akan mengurangi kualitas pekerjaanmu. Buatlah jadwal dan rencana kerja yang baik. Kemudian displin dan konsisten mengikuti rencana kerja tersebut. Jangan pernah menumpuk dan menunda pekerjaan, karena hanya akan merugikan dirimu sendiri,

Penting untuk diingat, profesi apapun kalau ditekuni dengan serius pasti akan mendatangkan penghasilan. Jangan lupa untuk selalu membuka diri terhadap setiap peluang yang datang ya!

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.