Hindari Kesalahan Ini Agar Bisnismu Sukses

Memulai sebuah bisnis tentu memerlukan perencanaan yang tepat dan terukur. Apalagi masalah keuangan, ini harus banget direncanakan dengan detail. Sebuah bisnis akan sulit untuk berjalan jika kehabisan uang untuk modal usaha. Kebanyakan dari usaha kecil harus gulung tikar karena kesalahan dalam manajemen keuangan. Ada beberapa kesalahan manajemen keuangan dalam bisnis yang perlu kamu hindari. Nah apa saja dan bagaimana menghindarinya, simak informasi berikut ya

  • Berinvestasi terlalu cepat dan terlalu banyak

Banyak pebisnis yang berinvestasi pada peralatan yang mewah dan mahal, hingga harus berhutang. Ditahun – tahun awal, ada baiknya untuk fokus pada akusisi pelanggan. Mulailah dengan investasi pada benda – benda yang memang diperlukan.

  • Berlebihan mengenai angka penjualan

Belebihan dalam memperkirakan penjualan diawal – awal membuka bisnis, adalah hal yang perlu kamu hindari Ladies. Berpikirlah realistis, bandingkan seberapa besar usahamu untuk menarik pelanggan dengan rencana marketing dengan jumlah pelanggan yang kamu dapatkan. Untuk memahami berapa biaya akuisi customer kamu dapat menghitung biaya marketing dan promosi dibagi jumlah pelanggan yang kamu dapatkan selama masa promosi.

  • Manajemen cash-flow yang buruk

Berdasarkan penelitian, 82% bisnis kecil gagal dikarenakan manajemen cash-flow yang buruk. Mengawasi berapa banyak dana yang keluar dan yang masuk, serta mencatat semua piutang dan hutang, dan mempersiapkan dana cadangan adalah salah satu solusi yang bisa kamu coba terapkan untuk bisnismu.

  • Memberi harga terlalu tinggi

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula adalah memberikan harga terlalu mahal untuk produknya. Berikanlah harga yang kompetitif, dengan membandingkan harga dengan kompetitor. Jangan lupa untuk mengkombinasikan antara harga kompetitor, keunikan produk, dan kualitas untuk menemukan harga terbaik yang bisa kamu tawarkan

  • Gaji rendah untuk diri sendiri

Bagi pebisnis pemula, seringkali terjadi fenomena “underpaying”. Mereka biasanya menggaji diri mereka dengan sangat kecil, agar keuntungan bisnis bisa terlihat besar diatas kertas. Lama kelamaan hal ini akan membuatmu kehilangan gairah dalam berbisnis dan menurunkan kualitas hidupmu. Gajilah dirimu dengan nilai yang pantas, sesuai dengan yang kamu butuhkan. Bukankah membuka bisnis, agar kamu punya penghasilan untuk menghidupi dirimu?

  • Reinvestasi

Lakukan reinvestasi untuk memajukan bisnismu. Investasi berlebihan memang tidak baik, tetapi bisnis tidak akan berjalan jika kamu tidak melakukan investasi. Investasi adalah kunci agar bisnismu bisa berjalan dan bertumbuh. Aturlah berapa prosentase pendapatan yang dialokasikan untuk investasi.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.