Source: Bisnis UKM
90 persen konsumen tak keberatan membeli makanan lebih mahal, asal kualitas dan manfaatnya terjamin.

Jadi Gaya Hidup, Bisnis Katering Sehat Menjanjikan

Seiring meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat, kebutuhan hidup sehat pun menjadi semakin penting. Hasil survei AC Nielsen pada 2015 menyebutkan, 90 persen konsumen tak keberatan membeli makanan lebih mahal, asal kualitas dan manfaatnya terjamin.

Otomatis penjualan produk makanan dan minuman sehat pun kini terus meningkat, tak hanya dari kalangan masyarakat para publik figur pun tertarik berbisnis katering sehat seperti yang dilakoni aktris Dian Sastro.

Tentunya ada beberapa tips umum yang bisa diaplikasikan untuk memulai bisnis katering sehat Anda di tengah maraknya gaya hidup sehat dewasa ini. Berikut beberapa contohnya:

1. Pahami pasar Anda

Pasar merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis. Segmentasi pasar sendiri adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

Mengingat pentingnya segmen pasar dalam setiap bisnis, tentunya Anda juga perlu mengenal dan menentukan pasar Anda sebelum memulai bisnis kuliner.

Sebagai contoh, mari kita lihat ilustrasi berikut ini:

Apabila Anda memilih untuk menjual katering sehat maka Anda harus lebih fokuskan siapa segmentasi pasar Anda, apakah perempuan? Ibu hamil? Ibu bekerja atau anak-anak bayi dan balita? Dengan kata lain, pasar Anda lebih segmented akan memudahkan dan membuat katering Anda unik.

2. Apa yang beda dari usaha katering sehat Anda

Anda tentunya tahu setiap bisnis harus memiliki faktor pembeda, disebut juga USP (Unique Selling Proposition). Jika tidak memilikinya, Anda tidak akan bisa bertahan dalam persaingan.Nah kira-kira apa USP bisnis Anda? Cobalah tentukan sebuah faktor pembeda yang unik dan sesuai minat masyarakat.

3. Lokasi tak lagi jadi faktor penentu

Dahulu lokasi memang bisa dibilang sangat penting karena lokasi strategis berarti banyak lalu lalang calon konsumen. Maka orang berlomba-lomba mencari lokasi usaha yang strategis dan ramai.

Namun seiring perkembangan teknologi, kini lokasi menjadi tidak terlalu penting. Mengapa? Karena sudah banyak fasilitas pesan antara dan ojek online yang siap membantu  sehingga customer tidak perlu lagi repot-repot berkendara ke rumah makan.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.