Bagaimana Cara Membatasi Penggunaan Gadget Pada Anak

Gadget bukan benda asing bagi anak kecil.Kemahiran anak-anak dalam menggunakan gadget jauh lebih baik dibandingkan orang tua mereka. Namun perlu diingat, pemakaian gadget secara berlebihan pada anak bisa berdampak negatif pada perkembangan mereka. Maka, sebaiknya kontrollah penggunaan gadget pada anak Anda. Bagaimana caranya ?

Bermain sambil belajar

Alih-alih membiarkan anak terus bermain, Anda bisa mengarahkannya untuk bermain sambil belajar. Pilih game yang bisa melatih kecerdasan dan ketajaman otak, sehingga anak bisa belajar.

Tidak ada ponsel berkamera

Penyalahgunaan ponsel sering terjadi pada anak. Jadi, jangan pernah memberikan ponsel berkamera kepada anak Anda. Jika anak tertarik pada fotografi, Belikan dia kamera betulan bulan ponsel berkamera

Melacak penggunaan internet

Anda dapat memblokir situs-situs dewasa dengan menggunakan sistem Walling di koneksi Internet Anda. Pastikan Anda juga selalu melacak penggunaan internet anak. 

Batasi waktu bermain

Banyak anak mulai kecanduan game online atau video games. Mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain di depan layar komputer, ponsel, maupun TV. Maka, sebaiknya batasi kebiasaan buruk itu pada anak. Jangan sampai anak kehilangan waktu bersosialisasinya di luar.

Non-Aktifkan Internet di Tab

Anak boleh memegang tablet setelah Anda menonaktifkan internet. Penggunaan internet yang terlalu dini bisa berdampak negatif pada perkembangan anak.


Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.