Beratnya Hemat di Era Digital, Ini Tipsnya!

Tak hanya pusat perbelanjaan yang menjadi distraksi seorang perempuan dalam mengatur budget bulanan khususnya rumah tangga, buaian toko online yang dari rumah sambil santai atau dasteran pun mulai menguasai tampilan feed kita jika membuka media sosial.

Lalu, bagaimana dong caranya supaya kita bisa hemat terlebih di era serba digital saat ini:

1. Membuat list kebutuhan
Nah bagian paling penting yang dibuat di awal bulan adalah daftar kebutuhan. Dengan adanya daftar kebutuhan Anda bisa mempertimbangkan apa saja yang di perlukan. Dengan daftar tersebut bunda harus telah mendapatkannya. Tentu saja tak Cuma soal kebutuhan pokok, Anda juga harus menyediakan daftar kebutuhan tak terduga. Misalnya untuk kesehatan atau menghadiri acara tertentu.

2. Pisahkan jenis uang berdasar kebutuhan

Step selanjutnya usai Anda membuat list kebutuhan pokok dan darurat, Anda bisa memisahkan uang atas jenis kebutuhan baik cash atau dalam tgabungan dengan rekening berbeda.

Dari daftar kebutuhan yang telah Anda buat tadi, maka bisa langsung dipisahkan uang yang akan digunakan berdasarkan kriterianya. Misalnya uang untuk membayar tagihan, uang untuk belanja, ataupun uang untuk pendidikan anak. Dengan memisahkan uang yang ada Anda menjadi lebih mudah dalam mengaturnya dan Anda juga tidak perlu khawatir jika menggunakan uang jatah yang lain.

3. Manfaatkan flash sale di ecommerce

Namanya saja era digital, sudah tentu Anda menggunakan smartphone dan sering memakai aplikasi belanja atau ecommerce. Nah Anda harus pintar-pintar memanfaatkan berbagai flash sale yang biasa mereka luncurkan. Dengan catatan Anda hanya mengejar flash sale atas barang yang dibutuhkan atau Anda mencari barang yang memiliki diskon cukup baik. Dengan begitu Anda bisa berhemat dengan mudah dan belanja bisa lebih menyenangkan tanpa capek.

4. Menggunakan dompet elektronik

Siapa yang belum unduh dompet digital? Menyisihkan sebagian uang dan memasukannya ke dompet elektronik adalah pilihan yang tepat. Mengapa demikian, Anda tidak bisa menggunakannya sembarangan tapi harus di merchant yang menyediakan layanannya. Dengan begitu Anda bisa menjadikan dompet elektronik ini salah satu cara berhemat.

Misalnya Anda harus mengantarkan anak setiap hari ke sekolah bisa menghemat biaya dengan menggunakan dompet elektronik. Karena dengan dompet elektronik seperti layanan ojek online akan memberikan harga khusus. Jadi Anda bisa berhemat lebih banyak untuk transportasi.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.